Rasa Air Putih Yang Sebenarnya

Rasa Air Putih Yang Sebenarnya

Rasa Air Putih Yang Sebenarnya
Rasa Air Putih Yang Sebenarnya

Kita semua pasti mengira air putih tak memiliki rasa alias hambar. Kita jangan sampai salah, faktanya yang disampaikan para peneliti mungkin akan membuat kita terkejut.

Menurut mereka, air putih sebenarnya memiliki rasa, dan rasanya adalah asam. Tim peneliti dari Universitas Caltec yang dipimpin Profesor Yuki Oka, memonitor lidah tikus saat mencicipi air dan mengatasi sensor rasa yang dirangsang. Mereka menemukan, rasa air putih mirip seperti asam.

Tim kemudian menyarankan agar rasa air putih yang sebenarnya bisa dimasukkan ke dalam cita rasa keenam, selain manis, asam, asin, pahit, umami.

Mampu mencicipi air putih, lanjut Profesor Oka, bukan hanya kebetulan yang menarik. Mungkin ada alasan biologis untuk hal ini. Profesor Oka menjelaskan, pada dasarnya kita semua bisa merasakan rasa air putih.

Lidah dapat mendeteksi berbagai faktor nutrisi utama, yang disebut tastants, seperti sodium, gula, dan asam amino.

Melalui rasa, bagaimana kita merasakan air putih di mulut menjadi tidak diketahui. Banyak spesies serangga diketahui bisa mencicipi air, jadi kami membayangkan bahwa mamalia juga mungkin memiliki mesin dalam sistem rasa untuk deteksi air.