3 Cara Jitu Untuk Menurunkan Berat Badan Tanpa Harus Menyiksa Diri

3 Cara Jitu Untuk Menurunkan Berat Badan Tanpa Harus Menyiksa Diri

3 Cara Jitu Untuk Menurunkan Berat Badan Tanpa Harus Menyiksa Diri
3 Cara Jitu Untuk Menurunkan Berat Badan Tanpa Harus Menyiksa Diri

Setiap orang pasti menginginkan tubuh dengan berat yang ideal. Berat badan yang ideal juga bisa membantu seseorang terhindar dari berbagai risiko penyakit kronis.

Berbagai hal pasti dilakukan untuk mendapatkan berat tubuh yang ideal, mulai dari olahraga maksimal, diet ketat bahkan ada yang sampai mengkonsumsi obat tertentu. Bukannya membantu, hal itu malah bisa membuat kamu merasa lemas dan ‘nyiksa diri’.

Tapi tidak semua jenis diet menyebabkan efek seperti itu. Kami akan memberikan 3 jurus jitu dan sederhana yang bisa menurunkan berat badan kamu, tanpa kamu harus merasakan lemas dan tanpa menyiksa diri.

1. Kurangi Asupan Karbohidrat

Hal yang paling penting untuk menurunkan berat badan adalah mengurangi asupan karbohidrat dan gula. Itu akan membuat kamu mengkonsumsi lebih sedikit kalori secara signifikan.

Para ahli mengatakan setelah menjalani diet ini selama seminggu, orang rata-rata akan kehilangan 4,5 kilogram berat tubuhnya.

Tak hanya itu, sebuah studi yang dilakukan pada perempuan obesitas juga melaporkan bahwa diet jenis ini lebih efektif, ketimbang diet rendah lemak untuk menurunkan berat badan hanya jangka pendek. Selain itu, diet ini juga bisa mengurangi nafsu makan lho.

2. Konsumsi Lebih Banyak Protein, Lemak, Dan Sayuran

Diet selanjutnya, setiap kamu makan harus mencangkup protein, lemak, sayuran, dan pastinya rendah karbohidrat.

Sebuah penelitian menunjukkan dengan mengkonsumsi protein bisa meningkatkan pengeluaran kalori hingga 80-100 kkal per harinya.

Banyak makan protein juga bisa mengurangi porsi makan dan ngemil, karena protein sendiri membuat kamu lebih kenyang.

Contoh protein seperti, daging sapi, telur, ikan salmon, domba, udang, kacang-kacangan, dan kedelai.

Selanjutnya lemak sehat juga tidak boleh ketinggalan. Lemak sehat ini bisa berasal dari minyak kelapa, minyak zaitun, dan mentega.

Selain itu, sayuran rendah karbohidrat juga tak kalah penting. Misalnya seperti, brokoli, tomat, bayam, mentimun, selada, dan kubis.

3. Olahraga Rutin Tiga Kali Seminggu

Selain makan sayur, hal wajib yang biasa disarankan saat menjalani diet adalah olahraga. Tapi, olahraga pada diet ini sedikit berbeda.

Dalam diet ini olahraga yang disarankan adalah angkat beban.

Olahraga angkat beban bisa membantu membakar lebih banyak kalori dan mencegah melambatnya metabolisme tubuh, yang biasanya jadi salah satu efek samping saat melakukan diet.

Untuk menjalaninya, coba lakukan tiga kali dalam seminggu. Sebagai olahraga alternatif, kamu bisa olahraga seperti jalan kaki, berlari, bersepeda, atau berenang. Jika kedua jenis olahraga ini dilakukan, bisa semakin membantu proses penurunan berat badan