5 Curug (Air Terjun) Di Bogor Yang Tersembunyi Dan Belum Diketahui Banyak Orang

Bogor selain dikenal sebagai kota Hujan, ternyata Bogor banyak memiliki tempat wisata Air Terjun (Curug) eksotis dan menakjubkan. Curug sangat cocok dikunjungi bagi anda yang memiliki jiwa berpetualang, Curug juga bisa memberikan sensasi berlibur yang berbeda.

Objek wisata baru memang selalu di cari dan diburu untuk dikunjungi. Di Bogor terdapat banyak Curug yang tersembunyi dan layak untuk kita kunjungi. Semakin tersembunyi semakin di cari karena yang tersembunyi memiliki panorama yang alami dan sangat nyaman bila di kunjungi.

Berikut 5 Curug (Air Terjun) Di Bogor Yang Tersembunyi Dan Belum Diketahui Banyak Orang

1. Curug Cikuluwung

Di antara semua nama air terjun atau curug di daftar ini, mungkin nama Curug Cikuluwung adalah satu-satunya yang belum pernah Anda dengar sama sekali. Bahkan jika bertanya ke orang Bogor pun kemungkinan besar belum ada yang tahu.

Curug Cikuluwung menjadi istimewa karena lokasinya berada di tengah sebuah lembah dengan formasi bebatuan yang sangat eksotis.

Untuk menuju ke sini memang dibutuhkan perjuangan yang tidak mudah melewati medan curam. Makanya, kalau anda suka dengan tantangan dan wisata yang memacu adrenalin, kunjungan ke sini nggak boleh dilewatkan ! Setibanya di sana, puas-puasin deh foto-foto dan berendam di kolam alami yang berada di bagian bawahnya.

Curug Cikuluwung

Tiket Masuk: Rp10.000
Lokasi: Kampung Suka Asih, Desa Cibitung Wetan, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor
Cara ke Sana: Dari Bogor Kota menuju ke arah Dramaga – Cikampak – Cibatok – hingga pertigaan Cemplang. Lalu belok kiri lurus terus sekitar 45 menit untuk kemudian masuk ke belokan yang cukup curam di sebelah kanan (biasa disebut Gang Gardu). Anda akan menemukan gang tersebut setelah melewati Sungai Cikuluwung. Selanjutnya lalui jalan berbatu sekitar 10 menit sebelum bertemu papan petunjuk Curug Cikuluwung.

2. Curug Leuwi Lieuk

Dari sederet Curug baru di kota Bogor, pastikan anda tidak melewatkan Curug Leuwi Lieuk.

Keindahan panorama Curug Leuwi Lieuk menyuguhkan kesegaran baru bagi anda yang merasa penat dengan kesibukan rutinitas. Pemandangan bebatuan tinggi dengan air jernih berwarna hijau toska, membuat curug ini masuk ke deretan objek wisata instagrammable.

Keindahan tersebut bisa anda lihat setelah perjuangan ekstra mencapai lokasi tersebut. Untuk menuju kesana dari area parkiran Anda perlu berjalan kaki sekitar 35 menit, treknya pun terbilang curam sehingga anda perlu berhati-hati melangkah.

Anda bisa berpose dengan gaya terlentang di air seperti yang banyak dilakukan pengunjung disini bahkan menjadi hits di kalangan anak muda.

Curug Leuwi Lieuk

Tiket Masuk: Rp10.000

Lokasi: Kampung Wangun Cileungsi, Desa Karang Tengah, Kecamatan Madang, Kabupaten Bogor.

Cara ke Sana: Setelah sampai bundaran Sentul Nirwana, ambil arah ke kiri menuju Jungle Land. Ikuti jalan menanjak sebelah kanan pintu masuk Jungle Land. Di pertigaan, belok ke kiri dan berjalan menuju ke Curug Leuwi Hejo.

3. Curug Lontar

Curug yang terletak di Desa Karacak ini kerap dijadikan sumber pembangkit listrik dan masih bagian dari Sungai Cianten yang berasal dai Pegunungan Halimun Salak.

Debit air yang mengalir terbilang cukup tinggi hal inilah yang menjadikan Curug ini mampu menghasilkan listrik. Ketinggian dari air terjun ini mencapai 30 meter dan sangat apik diabadikan dengan angle foto yang bagus.

Suasana di sekitar air terjun juga sangat indah, mulai dari pepohonan yang rimbun, tanaman yang menjalar di bebatuan samping air terjun hingga hijaunya kolam tampungan air seluas 7.000 meter persegi dan kedalaman lebih dari 26 meter bisa anda nikmati di sana.

Namun, karena minimnya informasi terkait objek wisata selama ini sehingga hanya segelintir orang yang tahu Curug Lontar ini.

Curug Lontar

Lokasi: Desa Karyasari, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor
Cara ke Sana: Sekitar 500 meter setelah jembatan besar Sungai Cianten di Leuwiliang, belok kiri dan ikuti jalan utama pedesaan menuju daerah Curug.

4. Curug Kiara

Dari sekian banyak air terjun yang ada di Bogor, curug yang satu ini hampir ada di dalam bucket list para pemburu air terjun sekaligur Instagrammer yang bernyali.

Alasannya adalah karena untuk bisa menikmati air terjun nan indah di antara jepitan tebing yang menjulang diperlukan usaha yang tidak mudah. Anda harus menuruni tangga bambu yang licin dengan kemiringan 90 derajat! Jadi kewaspadaan dan kehati-hatian amat diperlukan.

Namun semua usaha tersebut sama sekali tak akan sia-sia. Selain sepi, di sini suasananya benar-benar terasa masih alami. Udaranya sejuk, aliran airnya begitu adem dan jernih, bahkan seolah kita sedang berada di sebuah hutan purba.

Jika Anda cukup jeli dalam mencari sudut pengambilan gambar, maka bersiaplah membuat teman-teman anda iri melihat hasil foto yang begitu spektakuler di sini!

Curug Kiara

Lokasi: Kampung Raina, Desa Ciasihan, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor
Cara ke Sana: Menuju ke arah Ciapus hingga melewati Curug Luhur ke arah Pamijahan. Setelah menjumpai pertigaan dekat Alfamart belok kanan dan terus saja sampai lewat SDN Gunung Picung, belok kanan. Selanjutnya terdapat pertigaan belok ke arah kiri lewat Desa Cibitung Kulon. Teruskan perjalanan hingga menemui pertigaan lagi, belok ke arah kiri.

5. Curug Bulao/Cibulao

Anak tahun 90-an pasti familiar dengan ‘bulao’ atau ‘blao’, yaitu bahan berupa bubuk berwarna biru yang biasa digunakan untuk mencuci pakaian atau dioleskan untuk obat gondok.

Eits, tapi air terjun ini disebut sebagai Curug Bulao/Cibulao bukan karena di sekitarnya banyak ditemukan bulao, melainkan karena kolam berwarna kebiruan yang berada di dasarnya. Nama asli air terjun ini sebetulnya Curug Hulu.

Curug yang terletak di kawasan Puncak Bogor ini bisa dikatakan unik. Bagaimana tidak? Curug Bulao ini memiliki 2 cekungan atau kolam yang sangat jernih dan bisa digunakan untuk berenang. Masing-masing memiliki kedalaman sekitar 8 dan 5 meter.

Kalau nggak bisa berenang, anda bisa menyewa pelampung dengan mengeluarkan kocek sebesar Rp10.000 saja. Jangan lupa untuk membawa jaket atau pakaian hangat, karena bisa saja setelah berenang di curug ini anda akan langsung disambut hawa dingin khas Puncak.

Curug Bulao

Tiket Masuk: Rp12.000
Lokasi: Megamendung, Puncak, Kabupaten Bogor
Cara ke Sana: Jika Anda dari Bogor atau Tol Jagorawi, arahkan kendaraan ke jalur Puncak hingga ke pertigaan Megamendung dan ambillah belokan ke kiri untuk nantinya melajukan kendaraan hingga melewati Unilever Learning Center. Kemudian, lanjutkan dengan mengambil belokan sebelah kanan, jalanlah terus hingga sampai ke Mega Training Center dan Pusdik Reskrim Polri. Setelahnya Anda akan bertemu dengan hutan pinus yang menandai bahwa sudah semakin dekat ke lokasi.

Dan itulah 5 Curug (Air Terjun) Di Bogor Yang Tersembunyi Dan Belum Diketahui Banyak Orang. Semoga kalian semua bisa berkesempatan untuk mengunjungi tempat wisata tersebut.