Resep Sop Kambing Yang Enak Dan Tidak Bau Prengus

Resep Sop Kambing Yang Enak Dan Tidak Bau Prengus

Resep Sop Kambing Yang Enak Dan Tidak Bau Prengus
Resep Sop Kambing Yang Enak Dan Tidak Bau Prengus

Membuat sop kambing terkesan praktis tapi kalau penanganannya salah maka sop kambing akan keruh, kurang gurih dan beraroma prengus. Sop kambing yang enak adalah yang kuahnya berwarna bening dan rasanya yang gurih dan segar.

Selain berisi daging, sop kambing juga kerap ditambah sayuran seperti kentang dan wortel. Untuk membuat sop kambing yang bening, usahakan untuk tidak memasukkan bagian jeroan kambing dalam sop.

Jika kalian ingin mencoba membuat sop kambing yang enak. Namun, kalian belum mengetahui resep nya. Kali ini Bunda Sherly akan memberikan resep untuk membuat sop kambing yang enak dan tidak bau prengus.

Resep Sop Kambing

Bahan-bahan :
1.5 liter air
500 gram daging kambing, potong-potong
1/2 butir pala
10 butir merica
3 cm kayumanis
2 butir cengkih
2 sdm minyak sayur
5 butir bawang merah, cincang halus
3 siung bawang putih, memarkan
2 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
2 batang daun bawang, iris kasar
3 buah wortel, potong-potong
2 buah tomat, potong-potong
1 batang seledri, potong-potong

Pelengkap :
Bawang merah goreng
Emping goreng

Cara Membuat :
1. Didihkan air lalu masukkan potongan daging kambing,
2. Masukkan pala, merica, cengkih dan kayumanis,
3. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga wangi. Angkat dan masukkan ke dalam rebusan sop kambing. Masak perlahan hingga empuk,
4. Masukkan wortel, daun bawang dan tomat. Didihkan hingga layu. Tambahkan garam dan merica. Angkat,
5. Sajikan dengan daun seledri, bawang goreng dan jeruk limau. Lengkapi juga dengan emping dan sambal.

Tips ;

1. Gunakan Daging Kambing Segar

Kualitas daging kambing menentukan rasa dari sop kambing. Daging kambing yang segar memiliki aroma prengus yang lebih tipis. Kalau mau tak berbau, gunakan daging kambing muda.

Daging kambing yang sudah siap, harus dipotong-potong kecil sebelum dimasak. Daging kambing tidak perlu dicuci, kalau terdapat kotoran pada daging kambing kurban seperti bercak tanah atau rerumputan, cukup dibersihkan dengan tisu dapur.

2. Proses Perebusan

Sop kambing berbeda dengan soto karena kuahnya cenderung bening. Untuk membuat kuah yang bening dibutuhkan perlakuan khusus ketika merebus daging kambingnya.

Langkah yang harus dilakukan yakni merebus daging kambing dengan air secukupnya. Daging kambing harus direbus hingga mendidih dan teksturnya agak empuk. Jika ada busa dan buih yang menggenang harus langsung dibuang karena busa ini bukanlah sari daging melainkan kotoran dan darah kambing.

Rebus daging hingga setengah matang dan busa tidak lagi menggenang. Jika busa dan buih ini dibuang maka kaldu sop kambing akan bening.

3. Tidak Perlu Bumbu Halus

Hal lain yang membuat kaldu sop kambing jadi keruh adalah penggunaan bumbu halus. Sop kambing memang diracik dengan banyak bumbu dan rempah namun tidak perlu dihaluskan karena bumbu bisa langsung dimasukkan sebagai campuran.

Bumbu sop kambing yang terdiri dari merica, kayu manis, cengkih dan pala bisa langsung dimasukkan utuh ataupun menggunakan bumbu bubuk. Sementara untuk bawang merah dan bawang putih cukup diiris dan dimemarkan saja.

Bumbu tambahan seperti tomat dan irisan daun bawang bisa ditambahkan sesaat sebelum sop kambing matang. Dengan teknik perebusan seperti ini, sop kambing akan bening namun rasa bumbunya kuat.

4. Tambahkan Sayuran Jelang Sop Matang

Jika menambahkan sayuran pada racikan sop kambing, usahakan memasukkan sayuran di akhir proses masak. Saat daging kambing sudah agak empuk, tambahkan wortel dan kentang. Masak hingga layu lalu matikan api.

Sayuran tidak perlu dimasak terlalu lama karena kuah kaldu sop yang masih panas secara perlahan akan membuat sayuran matang. Jika dimasak terlalu matang, sayuran justru akan hancur dan membuat kuah sop kambing jadi keruh.

Sop kambing makin enak jika disajikan hangat. Lengkapi dengan nasi putih, emping, sambal dan kucuran air jeruk nipis.

Dan itulah Resep Sop Kambing Yang Enak Dan Tidak Bau Prengus dari Bunda Sherly.

Selamat mencoba,